wayelar (an abbreviation)

Sisi lain ringkasan kehidupan

Wujudkan Indonesia Sehat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Harus Disiapkan

Negara menjamin setiap warganya untuk dapat hidup sejahtera secara lahir dan batin, hal ini tertuang dalam landasan mendasar dari Negara Republik Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Dalam pasal 28 H ayat 1 menyatakan, “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan medapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.”

MELALUI dasar tersebut, tercetuslah suatu program yang dapat melaksanakan tugas Negara untuk dapat memenuhi hak dari warga negaranya yang diatur melalui undang-undang. Program tersebut melibatkan pemerintah sebagai subjek dan warga Negara sebagai objek. Pemerintah di sini mengatur dari mulai kebijakan kemudian pemerintah dapat membentuk sebuah badan untuk bertindak sebagai eksekutor dalam penjaminan setiap warga negaranya. Sementara warga negara berhak memperoleh apa-apa yang telah diatur dalam undang-undang.

Sampai saat ini, keberjalanan program ini secara bertahap dari mulai terbangunnya sistem yang menjamin kesejahteraan dari warga negara hingga mulai dilakukan pemberian tanggung jawab dan kewenangan terhadap suatu badan penyelenggara asuransi untuk menjamin kesejahteraan tersebut. Sistem penjaminan tersebut diatur dalam undang-undang negara Republik Indonesia. Yaitu dalam UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undang-undang ini mengatur tentang jaminan sosial sebagai bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Sistem Jaminan Sosial sendiri adalah suatu tata cara penyelenggaraan program jaminan sosial oleh beberapa badan penyelenggara jaminan sosial. Untuk itulah pemerintah selanjutnya membentuk kembali undang-undang yang mengatur tentang badan penyelenggara jaminan sosial itu sendiri.

UU No. 24 Tahun 2011 merupakan undang undang yang mengatur tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dalam konstitusi tersebut, sampai saat ini baru terdapat empat Badan yang diberikan kewenangan dan tanggung jawab oleh negara melalui undang-undang. Kempat badan tersebut adalah PT. ASKES (Persero), PT. JAMSOSTEK (Persero), PT. TASPEN (Persero), dan PT ASABRI (Persero). Keempat badan tersebut diharapkan dapat mulai berbentuk Badan Hukum sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang diatur oleh undang-undang, dimulai pada 1 Januari 2014. Selama periode menuju waktu tersebut diharapkan badan-badan yang disebutkan di atas mulai membenahi diri dan mempersiapkan diri untuk memberikan jaminan sosial kepada warga negara Indonesia dengan pelayanan yang optimal dan efisien sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

Sinergisasi Peran Stakeholder dalam Persiapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Persiapan yang dilakukan oleh badan-badan tersebut yang kita sebut sebagai Calon Badan Penyelenggara Jaminan Sosial seharusnya mencakup juga pada penyediaan obat bagi pasien yang membutuhkan. Karena jaminan sosial di sini mencakup dua hal yaitu jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan. Keduanya memiliki andil yang besar dalam menjamin kesehatan setiap warga negara yang menjadi peserta penjaminan tersebut. Dalam persiapannya terdapat peran dari industri farmasi serta Rumah sakit di Indonesia untuk dapat menyiapkan dan memproduksi obat dengan kriteria, karakteristik, keamanan dan khasiat yang baik dan melewati syarat serta memberikan.

Penjaminan kesehatan melalui pelayanan kesehatan juga membutuhkan peran dari Rumah Sakit sebagai Wahana utama yang memberikan pelayanan kesehatan. Bagaimana Industri farmasi selaku stake holder dalam kesehatan nasional mampu berperan dalam memberikan jaminan sosial (terutama jaminan kesehatan) bagi masyarakat. Melihat dari sudut pandang seorang farmasis, industri farmasi seharusnya dapat memproduksi suatu obat dengan harga terjangkau serta memiliki karakteristik, keamanan dan khasiat yang memenuhi standar. Selain itu industri farmasi juga dapat berperan untuk memproduksi obat – obat lebih banyak sesuai prevalensi penyakit yang relative sering terjadi di Indonesia. Dengan demikian diharapkan Industri Farmasi mampu membantu persiapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dari sisi yang lain yaitu dari penyiapan obat-obatan yang aman, bekhasiat dan berkualitas.

Rumah sakit yang juga merupakan stake holder dalam kesehatan nasional memberikan perannya untuk jaminan sosial melalui peningkatan pelayanan kesehatan kepada pasien. Pada faktanya sering terjadi di rumah sakit yang menyediakan Program Jamkesmas – Program jaminan kesehatan masyarakat sebelum diambil alih oleh BPJS—tidak memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada pasien. Hal inilah yang mungkin menimbulkan ketidaknyamanan dalam diri pasien.

Ketidaknyamanan ini akan mengurangi keberterimaan pasien pada program jaminan sosial ini. Maka dari itu penting bagi pihak Rumah Sakit untuk menyiapkan SDM-SDM yang mampu memberikan pelayanan kesehaan yang lebih baik.

Dengan optimalisasi peran-peran tiap-tiap stake holder dalam bidang kesehatan nasional tersebut bukan tidak mungkin kelak Indonesia Sehat akan terwujud. Kesehatan serta kesejahteraan bagi rakyat yang menjadi kewajiban negara dapat dilakukan. Dengan demikian, diharapkan masing-masing stake holder tersebut mempersiapkannya dengan optimal dan penuh pertimbangan sampai pada BPJS mulai beroperasi pada 1 Januari 2014 mendatang. Indonesia Sehat dapat tercapai melalui sinergisasi peran masing-masing stakeholder tersebut.

Artikel ini  dimuat di Suarajakarta.com

http://suarajakarta.com/2012/12/04/wujudkan-indonesia-sehat-badan-penyelenggara-jaminan-sosial-harus-disiapkan/

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 22, 2013 by in OPIUM (OPini, Ide, Untuk Maju).

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

Kicauan

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Blog Stats

  • 907 hits
{ NOTES }

Sisi lain ringkasan kehidupan

Bandung Boys

Berbagi Inspirasi Lewat Kata

redfellowryo

Just another WordPress.com site

inspirasi

all about my story

wayelar (an abbreviation)

Sisi lain ringkasan kehidupan

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: